Saturday, May 3, 2014

SAKIT PINGGANG TURUNKAN PRODUKTIVITAS KERJA



(Kilas Kesehatan)

          Gaya hidup modern yang serba praktis dan nyaman terkadang memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Duduk bekerja berjam-jam di depan komputer adalah hal yang biasa dilakukan banyak orang dewasa ini.

Duduk menghadap monitor komputer selama enam hingga delapan jam sehari dapat mengakibatkan masalah pada leher, bahu ,lengan dan tangan termasuk masalah keseimbangan dan koordinasi,

Salah satu postur tubuh yang salah adalah pinggul tinggi sebelah. Pinggul yang tidak sama tingginya dapat disebabkan karena berada di satu posisi dalam waktu lama, Contohnya duduk di meja kerja dengan posisi miring sambil menulis atau menggunakan komputer.

Chriropractor’s Association of Australia melakukan penelitian bahwa sakit pinggang merupakan penyumbang terbesar hilangnya produktivitas di tempat kerja. Penemuan lain mengatakan bahwa sakit pinggang menjadi penyebab terbesar ketiga alasan untuk tidak masuk kerja setelah sakit kepala dan flu. 

          Jika disimpulkan, sakit pinggang menjadi salah satu penyebab umum hilangnya kemampuan bekerja dikalangan usia produktif dan tentu banyak berpengaruh untuk dunia kerja. Secara spesifik, kegiatan fisik yang dipercaya merupakan penyebab sakit pinggang diantaranya adalah mengangkat beban berat, membungkuk dan berputar, dan yang pasti bekerja dalam posisi sama untuk waktu yang lama.

          Jika sakit pinggang tidak segera ditangani, lambat laun akan menimbukan resiko penyakit yang parah. Postur tubuh yang buruk ketika bekerkja bertahun-tahun bisa mengarah terjadinya skoliosis, ditakutkan akan dapat mengganggu organ-organ vital seperti jantung, liver dan ginjal.

Sebagai upaya pencegahan, mulailah memperbaiki postur tubuh ketika bekerja, rutin berolahraga, banyak bergerak, dan menjaga pola makanan yang sehat, rutin mengonsumsi makanan sumber kalsium, fosfor dan vitamin D, seperti ikan salmon, ikan tuna, sereal dan susu. (AJG).

No comments:

Post a Comment