Wednesday, May 14, 2014

HIDUP ADALAH SEBUAH PILIHAN



Dalam Bahasa Inggris Hidup berawal dari huruf “B” yang berarti “Birth” atau Kelahiran. Hidup juga berakhir dengan huruf “D” yang berarti “Death” yang berarti Kematian. Akan tetapi  diantara huruf “B” dan “D” masih ada huruf “C” yang berarti “Choice” atau Pilihan. Pilihlah yang terbaik. Jangan sampai kita menyesal. Pilihanmu adalah jalan hidupmu.

Dari sejak awal penciptaannya, Tuhan merencanakan sesuatu yang baik bagi kehidupan manusia. Tuhan menciptakan bumi dengan segala isinya untuk ditempati manusia dengan kehidupan yang layak. Tuhan juga menempatkan manusia itu dalam suatu Taman yang sangat indah yang lengkap dengan segala kebutuhan hidup manusia itu. Tapi ada satu hal yang harus diingat dan dipatuhi untuk tidak dilanggar manusia itu, bahwa mereka tidak boleh memakan buah pohon yang ditengah-tengah taman itu. Akan tetapi karena manusia merupakan makhluk yang lemah terhadap godaan, maka manusia terpengaruh bujukan setan untuk melanggar larangan itu.

          Tuhan bisa saja sebetulnya membuat manusia untuk tidak bisa menjangkau pohon itu. Akan tetapi Tuhan memberikan manusia itu kebebasan untuk menentukan pilihan atas tindakannya dan Tuhan tidak ingin manusia itu seperti robot yang hanya bisa menuruti perintah. Tuhan menghargai kehendak bebas manusia itu. Akan tetapi karena manusia itu adalah makhluk yang lemah dan sangat mudah tergiur oleh godaan iblis, maka manusia sering melanggar ketentuan-ketentuan yang dibuat oleh Tuhan. Sehingga manusia itu jatuh kedalam dosa dan harus menanggung akibat dari dosa itu, yaitu maut atau kematian. 

          Walaupun demikian, Tuhan masih tetap menghargai kehendak bebas manusia. Tuhan juga memberikan dua pilihan jalan kehidupan yang bisa dilalui manusia itu. Kedua pilihan tersebut adalah Berkat dan Kutuk. Manusia akan mendapat berkat sebagai upah dari kesetiaan mereka kepada Tuhan dan sebaliknya kutuk adalah  penderitaan yang akan dialami sebagai akibat melakukan dosa. 

           Walaupun hidup dalam berkat bukanlah selalu mudah untuk dilaksanakan, tapi Tuhan selalu menganjurkan manusia hidup dalam berkat. Ibarat mendaki sebuah gunung yang terjal yang sewaktu-waktu bisa jatuh kejurang yang penuh dengan marabahaya. Hidup dalam berkat juga menuntut perjuangan panjang tanpa henti. Godaan, rintangan dan penderitaan juga tetap ada untuk hidup yang dalam berkat. Maka kita juga harus menjalaninya dengan penuh kesabaran, semangat tinggi dan iman yang teguh. Tapi, percayalah perjuangan kita didalam Tuhan tidak akan pernah sia-sia. BerkatNya akan selalu melimpah dalam kehidupan orang yang tetap setia kepadaNya.

No comments:

Post a Comment