Friday, May 9, 2014

MENDIDIK ANAK SECARA EFEKTIF



       
Dewasa ini kita sering mendengar keluhan para orang tua yang kesulitan mengubah kebiasaan buruk anak-anaknya. Bagaimana caranya orang tua mengubah kebiasaan buruk anak-anaknya? Ada dua cara yang sering dilakukan orang tua untuk mengajar atau merubah kebiasaan buruk anak-anaknya.

Pertama, dengan cara memaksa. Orang tua seringkali memaksa anaknya untuk bisa berubah sikap dengan memberikan hukuman atau disiplin yang sangat ketat. Cara ini memang tidak menjamin si anak akan berubah dari kebiasaan-kebiasaan buruknya. Karena seringkali si anak akan menjadi penurut kalau didepan orang tuanya, tapi diluaran dia menjadi anak berandalan.

Kedua, cara yang sering juga dilakukan adalah dengan intimidasi. Dengan cara ini orang tua tidak memaksa, tetapi dengan menakut-nakuti. Kelihatannya cara ini lebih demokratis dibandingkan dengan cara yang pertama, namun cara ini juga bukan cara yang baik untuk mendidik anak.

Perlu kita ketahui bahwa mendidik anak yang efektif bukan dengan cara memaksa atau mengintimidasi, tapi dengan memberikan sikap teladan. Cara paling efektif untuk mengubah kebiasaan buruk anak-anak adalah dengan menunjukkan keteladanan. Keteladanan dapat berbicara lebih banyak daripada nasehat. Keteladan membuat perubahan sikap pada anak lebih konsisten dan bukan kadang-kadang. Membuat perubahan baik dirumah maupun diluar rumah, baik dihadapan orang orang tuanya maupun dihadapan orang lain.  
Keteladanan jauh lebih baik dari paksaan maupun intimidasi.

No comments:

Post a Comment