Friday, May 16, 2014

ORANG KAYA YANG MISKIN



          Pada umumnya orang kalau menilai seseorang itu kaya atau miskin adalah didasarkan kepada punya rumah besar, harta benda yang melimpah, mobil yang mewah, intinya semua penampilan yang bisa ditangkap oleh mata. Memang biasanya begitulah ukuran dunia. Siapa yang memiliki banyak harta benda dialah  yang disebut orang kaya.  Kadang-kadang orang yang percaya kepada Tuhan juga  menggunakan cara seperti itu untuk mengukur hidupnya sendiri atau orang lain. 

          Namun, Tuhan sendiri punya ukuran yang lain yang bisa kita anggap aneh dan rada nyeleneh. Di mata Tuhan, harta kita yang segunung itu belumlah membuat kita kaya. Ketika seorang kaya yang sampai pusing memikirkan bagaimana harus menyimpan harta kekayaannya itu, justru Tuhan bilang dia bodoh. Orang kaya ini bodoh karena ia kaya tapi sebenarnya miskin. Benar ia punya harta banyak tapi semua harta itu berada diluar dirinya. Yang membuat dia kaya hanya hartanya, tidak termasuk hatinya.  Ia miskin dalam keikhlasan, melarat dalam ketulusan hati. Mungkin ia tidak pernah memberi kepada orang lain. Kekayaannya hanyalah tampak dari luar, tapi sebenarnya hidupnya miskin dihadapan Tuhan. Dia tidak sadar bahwa kalau dia nanti mati, kekayaannya itu tidak bisa dia bawa.

          Pada akhirnya kita perlu merenungkan bahwa harta benda yang berlimpah dan mewah tidaklah menjadi ukuran kekayaan kita dihadapan Yang Maha Kuasa.

No comments:

Post a Comment