Saturday, May 17, 2014

BERPIKIR POSITIF



      

 Banyak orang yang cenderung bersikap dan berpikir negatif dalam menghadapi segala persoalan termasuk tekanan yang datang dari orang-orang disekelilinngnya. Pikiran negatif ini tentunya akan membuat orang selalu berburuk sangka terhadap keadaan yang menimpanya. Mereka akan selalu pesimis, dan cenderung menyalahkan keadaan. Namun berbeda dengan orang yang selalu berpikir positif. Mereka akan selalu bersemangat dan mencari cara-cara yang kreatif dalam menghadapi kendala yang ada. Oleh karena itu sebaiknya kita harus selalu berpikir positif dalam setiap keadaan, agar kita selalu bijaksana dalam memutuskan segala perkara dan lebih dari itu dengan selalu mengarahkan pikiran ke sisi yang positif, maka hidup kita akan selalu beroleh damai sejahtera. Menanamkan pikiran yang positif memang bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Namun demikian kita bisa melatihnya dengan menerapkan langkah-langkah berikut ini :

Pertama, mengambil hikmah atau pelajaran dari segala sesuatu yang terjadi. Kita mungkin akan sulit menerima kenyataan ketika sesuatu yang buruk terjadi dalam hidup kita. Namun kita bisa mengambil pelajaran atau sisi positif yang bisa kita dapatkan dari peristiwa itu. Seiring berjalannya waktu, kita akan menemukan berbagai macam kebaikan yang ternyata kita dapatkan dari suatu peristiwa buruk yang menimpa diri kita. 

Kedua, memandang segala sesuatu secara objektif. Orang yang berpikir negatif tidak pernah bisa memandang segala sesuatu secara objektif. Sebab orang lebih mudah melihat kekurangan orang lain daripada kelebihannya. Jangan terburu-buru dalam menilai. Berusahalah melihat segala sesuatu dengan objektif dari berbagai segi, maka kita akan melihat banyak hal positif didalamnya.

Ketiga, menekankan pada hal-hal yang positif. Setelah kita melihat banyak hal yang positif tersebut agar kita bisa menimbang dan memutuskan segala sesuatu dengan benar.

Keempat, berbenah diri. Agar kita selalu bisa berpikir positif, maka kita harus berbenah diri secara terus menerus. Karena itu kita perlu bersikap rendah hati untuk mengakui kelemahan kita dan segera melakukan perbaikan diri. Seperti kita melihat sebuah cermin. Kita akan melihat bagian mana yang tidak beres dengan penampilan kita. Kita tidak akan membiarkan ada sedikit kotoran yang menempel di wajah kita. Jika kita sudah melihat cermin itu. Dan hasilnya, orang lain juga akan melihat nilai-nilai positif dalam diri kita dan akan merespon positif segala hal yang kita lakukan bagi mereka.  Dan yang paling penting, dengan berpikir positif, kebahagiaan akan selalu datang memenuhi hidup kita.


No comments:

Post a Comment