Sunday, April 27, 2014

KEBUTUHAN MANUSIA



          Apakah yang dimaksud dengan kebutuhan?  Barangkali secara singkat bisa kita defenisikan bahwa Kebutuhan itu adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam kehidupannya, yang bisa diperoleh dengan cara memiliki atau menikmati sesuatu barang dan jasa. Manusia sering kali tidak bisa membedakan mana Kebutuhan dan mana Keinginannya, karena sesuatu yang kita inginkan belum tentu kita butuhkan. Akan tetapi  seringkali justru Keinginan yang lebih menonjol dalam pikiran kita dibandingkan dengan Kebutuhan. Kebutuhan itu adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan makhluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar atau pendorong untuk berusaha. Pada dasarnya manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu, yaitu memenuhi kebutuhan. Jumlah kebutuhan ini seringkali tidak pernah cukup sebagai akibat dari semakin majunya peradaban dan teknologi. Untuk itu sebaiknya kita harus mengetahui betul apa saja yang menjadi kebutuhan kita. Jenis-jenis kebutuhan dapat kita golongkan menurut intensitasnya/tingkat kepentingannya, sifatnya, waktu pemenuhannya dan subjeknya. 

a.  Kebutuhan menurut intensitasnya (tingkat kepentingannya). Menurut intensitasnya,  kebutuhan dibagi menjadi tiga, yaitu:

Kebutuhan primer, merupakan kebutuhan utama manusia dalam mempertahankan hidupnya. Untuk dapat hidup manusia membutuhkan makanan, air minum, pakaian, dan tempat tinggal. Kebutuhan ini sering disebut sebagai kebutuhan alamiah manusia misalnya sandang, pangan, dan papan.

Kebutuhan sekunder, merupakan kebutuhan yang sifatnya melengkapi dan mempermudah manusia. Kebutuhan sekunder harus terpenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Setelah manusia bisa makan, minum, dan bertempat tinggal, ia akan berusaha bagaimana memiliki alat-alat rumah tangga seperti televisi, kulkas, sepeda motor dan lain sebagainya agar hidupnya lebih mudah dan nikmat.

Kebutuhan tersier, adalah kebutuhan yang bersifat kepuasan dan kemewahan, contoh kebutuhan akan barang-barang mewah, seperti mobil, perhiasan mahal, dan barang-barang mewah lainnya. Kebutuhan tersier ini dipenuhi dalam rangka meningkatnya prestise (status seseorang).

b. Kebutuhan menurut sifatnya. Menurut sifatnya, kebutuhan digolongkan menjadi dua yaitu :

Kebutuhan jasmani, adalah kebutuhan dari raga/badan kita, seperti kebutuhan makan, minum, pakaian, dan sebagainya.

Kebutuhan rohani, adalah kebutuhan dari jiwa kita, seperti hiburan, ibadah, ketenangan, dan lain sebagainya.

c. Kebutuhan menurut waktu pemenuhannya. Berdasarkan waktu pemenuhannya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi empat yaitu:

Kebutuhan masa sekarang, adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi, seperti     makanan, minuman, obat untuk orang yang sakit, istirahat dibutuhkan saat kita lelah, dan sebagainya.

Kebutuhan yang akan datang/masa depan, merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditunda. Seperti kebutuhan akan barang-barang yang tidak harus segera dipenuhi atau liburan yang bisa ditunda sampai tabungan mencukupi.

Kebutuhan tidak terduga, merupakan kebutuhan yang disebabkan sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba yang sifatnya insidental, misalnya pemeriksaan kesehatan
.
Kebutuhan sepanjang waktu, merupakan  kebutuhan yang memerlukan waktu lama.
d. Kebutuhan menurut subjeknya. Menurut subjeknya kebutuhan dibagi atas:

Kebutuhan pribadi atau individu, adalah kebutuhan pribadi masing-masing orang, seperti; pakaian, makanan, dan barang-barang pribadi lainnnya.

 Kebutuhan umum atau sosial, adalah kebutuhan akan barang dan jasa yang dapat digunakan   oleh banyak orang, seperti; jalan, tempat ibadah, sekolah, dan sebagainya.

*) Berbagai macam kebutuhan tersebut berbeda keperluannya antara orang yang satu dengan yang lain, tergantung pada situasi dan kondisi masing-masing. Mobil dapat berubah menjadi kebutuhan sekunder bagi orang-orang diperkotaan. Computer dapat menjadi kebutuhan sekarang pada saat anak-anak kuliah.
KEBUTU

No comments:

Post a Comment