Wednesday, April 2, 2014

BERSIKAP OPTIMIS



    
 Pada tahun 1888, Thomas Alva Edison ingin merancang alat perekam suara yang juga bisa memutar ulang hasil rekamannya. Dia kemudian memanggil seorang teknisinya untuk mewujudkan rancangan tersebut. Ketika teknisi itu melihat gambar rancangan Edison, dia langsung berkata, “Tidak mungkin! Anda tidak pernah berhasil mengerjakan model seperti di gambar ini,” katanya. “Apa yang membuat Anda berpikir ini tidak akan berhasil?” tanya Edison. “Karena tidak ada seorangpun yang pernah menciptakan mesin yang bisa bicara”, sahut teknisi itu. Edison kemudian menjawab dia katanya, “Kerjakan saja. Sayalah yang akan kalah jika ini tidak berhasil,” katanya. Teknisi itu kemudian membuatnya dan ternyata mesin itu berhasil pada pembuatan pertamanya. 
          Satu perbedaan yang mendasar antara orang yang gagal dan berhasil adalah sikap mereka dalam menghadapi suatu masalah. Orang yang berhasil selalu optimis meskipun mereka tahu bahwa apa yang mereka lakukan bisa saja gagal. Mereka tidak berfokus pada kegagalan itu, tetapi mereka terus berusaha mencoba dan selalu bangkit dari kegagalan dengan antusiasme yang tinggi. Berbeda dengan orang yang selalu gagal, mereka selalu pesimis dan memfokuskan diri pada hal-hal dan kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Akhirnya mereka enggan untuk bertindak dan tidak meraih hasil apapun  dengan alasan takut gagal. Sungguh sangat disayangkan karena mereka selalu membatasi diri dan menanamkan pada pikiran mereka sendiri bahwa tidak mampu melakukannya. Dan mereka benar-benar tidak pernah mampu dan selalu kalah sebelum bertanding.
          Ingatlah Saudara, Tuhan tidak pernah menginginkan kita gagal. Dia ingin kita berhasil dan telah mencanangkan sebuah masa depan yang cerah dan penuh harapan. Namun demikian, tidak akan bisa meraih sesuatu jika kita hanya berdiam diri tanpa mau bertindak sama sekali. Ingatlah saudara, kita tidak pernah tahu sejauhmana kemampuan dan keberhasilan yang bisa kita peroleh jika kita tidak pernah mulai bertindak dari sekarang. Jangan takut gagal namun berusahalah sekuat tenaga untuk meraihnya. Satu hal yang sangat perlu libatkan Tuhan dalam setiap usaha kita.  Mintalah hikmat dan tuntunanNya. Maka apa yang kita lakukan akan selalu membuahkan hasil yang memuaskan. Tanamkanlah keyakinan dalam diri kita bahwa apapun pasti bisa kita raih asalkan kita percaya dan mau berusaha. Tidak ada yang mustahil jika kita percaya.

No comments:

Post a Comment