Tuesday, March 18, 2014

HIDUP HARUSLAH PUNYA MOTIVASI



          Manusia haruslah punya motivasi yang tinggi dalam dirinya karena dengan motivasi itulah ia akan terdorong untuk melakukan sesuatu untuk menggapai cita-cita dan tujuan dalam hidupnya. Dengan meraih cita-cita dan tujuannya manusia merasa lebih bermakna dalam kehidupannya. Maka demi mengejar cita-cita atau keinginnnya itulah motivasi yang tinggi itu sangat dibutuhkan.

          Ada berbagai motivasi hidup yang perlu diraih setiap orang yang tentu saja tergantung pada keadaan atau kondisi kehidupannya. Seorang yang punya kehidupan relatif mapan tentu saja punya motivasi hidup untuk membuat dirinya lebih eksis dan lebih dihargai dalam pergaulan ditengah-tengah masyarakat. Sedangkan orang yang masih serba berkekurangan punya motivasi untuk memperbaiki keadaannya dalam kehidupannya. Hal-hal seperti itulah yang diupayakan untuk bisa dimiliki. 

Untuk meraih motivasi hidup tersebut, manusia harus bersikap tegas dan jelas :

1. Menetapkan dengan jelas apa yang ingin dicapai.
Sikap seperti inilah salah satu yang penting dalam diri manusia untuk menjalani hidupnya. Setiap orang harus mengetahui dan memahami betul  apa tujuan hidupnya dan apa yang mau diraih. Tentu saja ada yang bersifat jangka  pendek atau jangka panjang.
Sebagai contoh ada yang yang ingin dicapai atau diraih dalam jangka lima tahun dan ada yang akan diraih dalam jangka waktu sepuluh tahun atau lebih

2. Menetapkan strategi atau  tindakan  untuk mencapai tujuan ini.
Ibarat seorang yang ingin membangun rumah, sebelumnya harus menyiapkan gambar dan mengurus IMBnya. Bukan hanya menumpuk segala material yang dibutuhkan dan setelah materialnya cukup, lalu mendirikan rumah dimaksud. Karena kalau belum dilengkapi dengan izin yang dibutuhkan dalam proses pembangunannya akan mengalami masalah.

Setelah tujuan ditetapkan maka selanjutnya harus disusun cara atau strategi yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan itu. Strategi itu dibutuhkan agar  tujuan tersebut dapat diraih dengan cepat dan tidak  hanya  menjadi angan-angan yang tidak jadi kenyataan.
Maka setiap orang haruslah memiliki tujuan atau motivasi tinggi di dalam hidupnya.   Karena dengan memiliki motivasi dalam dirinyalah  manusia akan punya semangat untuk meraih cita-cita dalam hidupnya.

No comments:

Post a Comment