Thursday, February 27, 2014

PERLU BERPIKIR PANJANG



  
        Pada suatu hari seekor rubah sedang berjalan di tengah hutan. Disitu ada sebuah sumur tua yang airnya jernih sehingga dia bisa bercermin disitu. Karena dia terlalu asyik bercermin, tanpa sengaja dia tercebur dan tidak bisa keluar, karena sumur tua itu cukup dalam dan terlalu tinggi bagi rubah itu untuk memanjat dan melompat keatas untuk keluar. Beberapa saat kemudian ada seekor kambing datang ke sumur itu.
          Kambing itupun bertanya pada rubah, “Apa yang sedang kamu lakukan?”  “Aku sedang menikmati air termanis yang pernah kuminum”, jawab rubah. Kambing itupun berkata, “Alangkah senangnya bila aku juga bisa menikmatinya”. Rubah pun bertanya, “Kenapa kau tidak bergabung dengan aku?” Tanpa pikir panjang, kambing itupun masuk kedalam sumur dan rubah segera naik ke punggung kambing itu lalu melompat keluar sumur meninggalkan kambing. Kini giliran kambing yang tidak bisa keluar dari sumur. Kambing pun merasa ditipu dan dimanfaatkan oleh rubah.
          Sikap terburu-buru tanpa berpikir panjang selalu membuat kita melakukan kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Apalagi jika mudah tergiur oleh bujukan-bujukan dari orang lain, hal itu akan membuat kita lebih mudah terjebak dalam kesalahan. Kita mungkin ingin segera mendapatkan hasil seperti yang  kita inginkan, namun sikap yang selalu terburu-buru tidak membawa keuntungan bagi kita melainkan hanya akan mendatangkan kerugian semata. Bukan hanya dalam hal materi saja tetapi juga dalam seluruh kehidupan kita. Sebagai contoh, banyak orang tergiur promo sebuah produk dengan harga murah, tapi setelah dia membeli ternyata kwalitasnya jauh dibawah standar. Begitu juga dalam memilih pasangan. Banyak orang tergiur dengan penampilan, kekayaan, status dan sesuatu yang tampak di luar saja, namun ternyata karakternya buruk. Pada akhirnya kehidupannya  tidak akan bahagia dan rumah  tangganya  akan berantakan.
          Karena itu, biasakanlah untuk berpikir panjang dalam menghadapi setiap masalah yang ada. Selidikilah kebenaran dalam setiap informasi. Jangan terburu-buru mengambil keputusan apalagi dalam keadaan emosi. Mintalah hikmat Tuhan dan berdoalah sebelum melakukan segala sesuatu agar Tuhan selalu menuntun kita untuk menimbang dan memutuskan setiap perkara dengan bijaksana sehingga akhirnya kita bisa memperoleh hasil yang terbaik.

No comments:

Post a Comment