Wednesday, February 5, 2014

KARYA PALING AGUNG




  
        Apakah anda pernah berpikir atau menganggap sesuatu merupakan Karya Agung atau Karya Terbaik? Sesuatu yang dianggap Karya Agung atau Karya Terbaik tentu saja bisa tergantung pada penilaian atau persepsi seseorang.
Penulis menganggap salah satu karya terbaik diantara beberapa karya besar atau terbesar sepanjang masa  ialah Alkitab atau Kitab Suci.
Alkitab ditulis dalam jangka waktu 16 abad oleh kira-kira 40 orang penyumbang dari latarbelakang yang berbeda-beda. Meskipun demikian, hasil akhirnya selaras dari awal sampai akhir. Alkitab telah berhasil selamat melampaui  lebih banyak kontroversi daripada buku lain manapun. Alkitab adalah buku terlaris nomor satu di dunia. Alkitab telah diterjemahkan, secara keseluruhan atau sebagian, kedalam lebih dari 2000 bahasa. Milyaran buku telah dicetak dan hampir tidak ada tempat di bumi ini dimana Alkitab tidak ditemukan.

          Namun demikian beberapa orang pernah menganggap bahwa suatu saat Alkitab akan tergusur oleh buku-buku terbitan baru. Thomas Paine adalah salah seorang tokoh terkenal yang pernah meramalkan bahwa Alkitab suatu saat akan menjadi buku yang hanya ditemukan di museum atau di tukang loak yang menjual buku-buku bekas di pinggir jalan.
Pada tahun 1887 dia datang ke Amerika. Di Amerika dia  menulis dan menerbitkan berbagai  tulisan dan karya-karyanya yang sangat  cemerlang dan brilian, yang menginspirasi serta  membangkitkan semangat bahkan seperti menghipnotis orang-orang Amerika bangkit melawan Inggris hingga memperoleh kemerdekaannya. Karya-karyanya yang brilian melambungkan namanya menjadi tokoh terkenal dan dipuji  jutaan orang.
Kekayaan, kemasyhuran dan banjir pujian menjadi bagian dari kehidupannya. Namun saat berada di puncak kejayaan dan ketenarannya, dia menulis sebuah buku yang merupakan karya terbesarnya yang berjudul “The Age of Reason” yang berisi tentang kepercayaannya, yang diterbitkan di London. Dia meramalkan bahwa bukunya ini akan menghancurkan Alkitab yang dianggap hanya sebagai mitos dan legenda. 

Namun yang terjadi adalah sebaliknya, buku tersebut menjadi bumerang yang akhirnya menghancurkan namanya dipuncak ketenarannya. Akibat dari bukunya tersebut banyak orang menghujat dan mencaci maki serta berpaling meninggalkannya, termasuk para penggemarnya. Ketika dia berusaha memperbaiki dan mengembalikan  nama baiknya serta meraih kemasyhurannya yang telah hilang, banyak orang menganggapnya sebagai orang yang tidak waras. Akibat dari kesedihan dan keputusasaan yang berkepanjangan meliputi kehidupannya, diapun jatuh sakit hingga kematian menjemputnya. 

Ia meninggal dalam kesunian dan kesendirian tanpa teman maupun ketenaran. Ramalannya tentang Alkitab tidak terbukti, sebaliknya Alkitab menjadi  best seller di dunia, satu-satunya Karya Agung dan Karya terbaik sepanjang masa yang tidak ada duanya.
Apabila dipelajari Alkitab datang dalam empat bentuk yaitu :

1.  Nubuat.  Hal-hal yang berkaitan dengan masa yang akan datang.
2.  Puisi.  Firman Tuhan yang ditulis dengan cara yang khas, yaitu dengan bahasa yang indah dan cantik, penuh dengan lambang-lambang dan penuh arti yang sangat mendalam.
3.  Sejarah. Sejarah Kerajaan Israel dan Yehuda.
4. Biografi. Kisah hidup tokoh-tokoh Alkitab seperti Abraham, Musa, Daud  dan lain sebagainya. 

Apabila dilihat dari jumlah tulisannya terdiri dari :
·         66 buku, yaitu 39 buku Perjanjian Lama dan 27 buku Perjanjian Baru.
·         1.189 fasal dan 31.169 ayat yaitu, 929 fasal Perjanjian Lama 23.212 ayat dan 260 fasal Perjanjian Baru 957 ayat.
·         Buku yang paling panjang isinya, Mazmur (150 fasal).
·         Buku paling singkat isinya, Obaja (1 fasal)
·         Fasal yang paling panjang ayatnya, Mazmur 119 (176 ayat).
·         Fasal yang paling singkat ayatnya, Mazmur 117 (2 ayat).

No comments:

Post a Comment