Saturday, February 15, 2014

KEKAYAAN SEJATI



          Barangkali kita semua sudah sering mendengar nama SOCRATES, dia adalah seorang filsuf besar dari Yunani yang punya pola hidup sangat sederhana. Dia mengatakan bahwa orang bijak tidak pernah terobsesi dengan kekayaan. Untuk membuktikan pernyataannya yang sangat ekstrem itu, ia tidak mau memakai sepatu. Kalaupun dia pergi ke pasar, dia hanya melihat-lihat saja sambil mengagumi barang-barang dan segala sesuatu yang indah-indah itu. 

          Saya hanya sebatas mengaguminya dan saya sudah berbahagia walaupun tidak banyak memiliki apa yang ada disana, katanya kepada teman-temannya yang bertanya kepadanya mengapa dia bersikap seperti itu.

          Kebenaran yang hendak digarisbawahi oleh Socrates adalah bahwa kebahagiaan seseorang tidak tergantung kepada kemewahan duniawi. Hal ini berbeda dengan promosi dunia yang dengan gencar mengiklankan bahwa jika ingin bahagia dan percaya diri atau tampil prestisius harus memakai produk terkenal. Dengan kata lain, tanpa memakai produk yang mereka tawarkan manusia tidak bahagia, tidak bangga dan tidak modern dan sebagainya.

          Mengejar (ambisius) dengan harta atau kekayaan rentan terhadap kehancuran dan kebinasaan.  Sebab orang yang terobsesi dengan kekayaan, cenderung menghalalkan segala cara, disitulah mereka akan tersandung dan jatuh kedalam pencobaan dan berbagai hawa nafsu.
Apa sesungguhnya yang ingin anda kejar? Jika hanya untuk mengejar uang, Andalah orang yang berada di ujung kehancuran.         

No comments:

Post a Comment