Friday, December 13, 2013

MENGATASI KERAGUAN DAN KETAKUTAN



          Setiap manusia tentu saja punya keraguan dan ketakutan dalam hidupnya. Tentu saja hal itu dianggap sesuatu hal yang sangat manusiawi. Menjadi masalah adalah apabila rasa keraguan dan ketakutan itu sampai melumpuhkan aktivitas kita karena tidak berani dan mampu mengatasi keraguan dan ketakutan itu
Apabila kita mengalami hambatan berupa keraguan atau ketakutan yang nampaknya tidak bisa diatasi, maka kita jangan langsung menyerah karena itu merupakan sesuatu yang alami dari suatu tujuan.  Faktor penting bukan bagaimana menghindari rasa ragu dan ketakutan  itu, tapi bagaimana membuat suatu keputusan yang positif meningkatkan rasa percaya diri saat ketakutan itu muncul.
Banyak orang yang selalu menyerah memperjuangkan impiannya karena diliputi perasaan ragu dan takut. Hal-hal seperti itulah yang perlu kita atasi. Ada beberapa langkah yang  bisa kita lakukan guna mengatasi ketakutan dan keraguan kita untuk memwujudkan cita-cita dan mimpi-mimpi kita :

1. Buat Pernyataan Saya Bukan Budak Ketakutan.
Biasanya keraguan dan ketakutan selalu muncul lebih cepat dari yang kita perkirakan. Untuk itu kita perlu bergerak lebih cepat mendahului rasa takut, dengan mengatakan saya punya rasa takut, tapi lebih besar keinginan saya untuk maju, maka saya harus bergerak maju terus. Kita harus mengenali rasa takut itu dan tetap bernafas. D engan bernafas terus energi anda akan bergerak terus dan terhindar dari ikatan atau pelukan ketakutan itu. Jangan perduli seberapa besar rasa menakutkan itu, tetaplah duduk dengan menerima kehadirannya, tetapi bukan untuk menyetujuinya. Menerimanya bisa membantu karena menghindarinya tidak membuatnya pergi, mencari jalan lain juga tidak akan membuat dia hilang. Tetaplah bernafas dan katakan kepada diri sendiri meskipun merasakan ketakutan yang intensif, anda tetap bisa mengambil tindakan. Tataplah ketakutan dihadapan anda dan biarkan mata anda mengetahuinya, lalu katakan, kau bukan pimpinan saya.

2. Buat Suatu Keputusan.
Banyak orang yang tidak pernah menetapkan dan menentukan apa yang menjadi tujuan dan impiannya. Untuk itu anda harus segera menentukan dan menetapkannya dan katakan dengan itu saya akan hidup bahagia. Katakan pada diri anda, sekarang saatnya bukan untuk khawatir, tetapi harus berpikir bagaimana terus bergerak mewujudkannya apapun rintangannya. Pupuk terus bibit impian yang ada dalam diri anda hingga suatu saat anda bisa memanen buah dari yang anda tanam. Berpegangteguhlah pada pendirian anda, hingga tidak ada yang bisa menjatuhkan. Hiraukan tantangan dan ketakutan yang akan muncul dan nyatakan anda akan berhasil mencapainya. Tidak ada alasan gagal karena anda sudah menetapkannya dan hanya anda yang bisa melakukannya.
  
3. Buat Suatu Perubahan Sikap
Jika anda ingin sukses pada suatu hal yang baru, anda mungkin juga harus mengalami  kemunduran, tapi ingatlah lebih baik mundur selangkah untuk bisa maju lima langkah. Untuk menjadi lebih sukses, perlu melakukan defenisi ulang kembali kegagalan yang sudah terjadi dan melihat kegagalan itu sebagai informasi yang dimanfaatkan menjadi investasi.  Kegagalan itu hanyalah suatu sukses yang tertunda yang perlu evaluasi untuk penyesuaian terhadap rencana dan kemudian mencoba melaklukan pendekatan yang berbeda. Jadi kita anda gagal, bangkitlah dan manfaatkan berbagai informasi yang sudah terkumpul untuk revisi rencana anda yang terbaru.

4.  Bangun Kepercayaan Diri.
Untuk mencapai impian anda yang harus melampui perasaan stres, keraguan dan berbagai ketakutan tentu saja sangat dibutuhkan rasa percaya diri yang besar. Dan melalui perjalanan yang sulit itu anda akan ditempa menjadi manusia mandiri. Berbagai tantangan dalam perjalanan hidup itu sekaligus menjadi kesempatan untuk membangun Kepercayaan Diri untuk memperoleh berbagai keahlian dan pengalaman. Ketahuilah bahwa setiap rintangan, kegagalan, kemunduran itu akan memberikan anda pelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri untuk semakin berani dan percaya menghadapi keraguan dan ketakutan. 
  
5.  Buat Pertanyaan yang Menginspirasi.
     Tanyakan pada dirimu beberapa hal yang menginspirasi guna memberikan wawasan dan motivasi yang baru. Cari jawabannya dalam diri anda, biarkan itu membawa anda kejalan kebenaran :
  • Apakah anda mau bertanggung jawab atas semua keputusan yang anda buat dalam hidup anda?
  • Apakah anda memiliki keberanian untuk tetap pergi menuju apa yang anda inginkan dengan tekad bulat dan melihatnya sampai akhir?
  • Percayakah anda  bahwa rasa takut adalah bagian dari kehidupan, maka anda harus tetap bergerak maju?
  • Percayakah  anda  bahwa rasa takut hanya akan menguasai anda jika memang anda membiarkan hal itu terjadi?
  • Bisakah impian anda untuk mengubah sikap hidup anda?
Kemampuan  untuk mengatasi keraguan dan ketakutan sehingga anda dapat mewujudkan kehidupan yang anda impikan adalah salah satu pengalaman terbaik di dunia! Kendalikan hidup anda dengan memahami beberapa hal untuk mengatasi rasa takut dan buatlah hidup anda menjadi lebih bahagia dan sukses.


No comments:

Post a Comment